Informasi Daftar Harga HP Android dan Tablet Android dari Samsung Galaxy, Sony Xperia, LG, Blackberry, Smartfren, Advan, Lenovo, Apple, Mito, Evercoss, Imo, Nokia. Harga dan Spesifikasi Lengkap Android. Dukungan Android dan flasing smartphone

5 Langkah Simple Mengetahui Kondisi Baterai Smartphone

5 Langkah Simple Mengetahui Kondisi Baterai Smartphone - Memiliki smartphone memang banyak manfaatnya. Namun, semua itu akan hilang jikalau baterai yang dipakai bermasalah. Ini tentu sudah tidak abnormal lagi, banyak pengguna smartphone yang sering membicarakan persoalan baterai smartphone.

Jika mengacu pada aturan alam, memang benar adanya. Setiap barang yang ada didunia niscaya lambat laun akan mengalami kerusakan.

 Langkah Simple Mengetahui Kondisi Baterai Smartphone 5 Langkah Simple Mengetahui Kondisi Baterai Smartphone


Akan tetapi permasalahannya disini adalah, pemakaian baterai smartphone masih gres tapi sudah mengalamai kerusakan. Ini yang menjadi pertanyaan besar.

Untuk mengetahui kondisi baterai smartphone memang susah susah gampang. Bisa dilakukan dengan mengecek kondisi fisik, atau juga bisa dilakukan dengan melaksanakan analisa kenapa bisa terjadi masalah.

Berikut, beberapa tips yang bisa dijadikan rujukan untuk mengetahui baterai HP Android bermasalah atau tidak.


Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Rusak


1. Buka casing smartphone dan lihat tampilan visual baterai

Pertama yang bisa teman lakukan yaitu dengan melepas baterai tersebut dari bada smartphone. Kemudian, lihatlah dan amati fisik baterai tersebut. Apakah terjadi pembengkakan atau terjadi korosi pada logam baterai.

Baterai yang mengalamai korosi, biasanya ditandai dengan warna logam menjadi kehijau-hijauan atau keputih-putihan. Jika hal demikian diterjadi, segera untuk mengganti baterai yang baru. Jangan memasang kembali baterai usang alasannya yaitu bisa merusak elemen-elemen lain yang ada pada smartphone.

Sayangnya, tips ini hanya bisa dilakukan pada smartphone terdahulu dimana baterai masih sanggup dilepas. Untuk smartphone kini cukup sulit, alasannya yaitu sifatnya yang non-removable alias tidak sanggup dilepas.

Sebenarnya masih saja sanggup dilepas, hanya saja membutuhkan obeng dan melepas semua baut (jika ada).

2. Cek kondisi fisik baterai dengan memutarkan pada bidang datar

Langkah kedua mengetahui baterai smartphone masih elok atau tidak yaitu dengan memutar baterai pada bidang datar. Ini berfungsi untuk mengetahui apakah kondisi fisik baterai mengalami pembengkakan atau tidak.

Sebenarnya sama dengan langkah nomer 1, akan tetapi langkah ini dilakukan jikalau baterai tidak mengalamai pembengkakan ringan alias tidak terlalu menonjol. Makara perlu diputarkan pada bidang datar. Jika terjadi putaran yang cukup kencang berarti baterai tersebut mengalamai pembengkakan.

3. Ketahui kinerja baterai, seberapa cepat habisnya


Langkah yang ketiga ini perlu penganalisaan lebih dalam. Maksudnya kau harus mengetahui kondisi sebelum dan pas baterai bermasalah. Coba ingat-ingat, bisa bertahan berapa usang baterai tersebut dalam kondisi full, dan bedakan dengan kini sesudah mengalami masalah.

Apakah terjadi rentang waktu yang cukup banyak ? Jika iya, berarti ada persoalan dengan baterai.

Namun sebelum itu ketahui dahulu. Apakah smartphone menjalankan sistem yang besar. Seperti update sistem saat konek wifi, atau banyak aplikasi yang berjalan. Jika iya, berarti bukan baterai yang bermasalah. Bisa dikatakan wajar, alasannya yaitu baterai harus mengangkat semua kinerja sistem yang berjalan tersebut.

4. Cek kondisi baterai dengan tools pen-diagnosa baterai

Langkah mengetahui baterai smartphone masih elok atau tidak yang keempat ini cukup mudah. Yaitu dengan memakai aplikasi pendiagnosa baterai. Bagi pengguna iPhone bisa memakai aplikasi berjulukan iBackupBot.

Untuk caranya yaitu cukup menghubungkan smartphone dengan laptop yang sudah terinstall aplikasi iBackupBot ini. Dengan begitu, aplikasi akan memperlihatkan informasi mengenai kondisi baterai smartphone.

Bagi pengguna Android malah lebih simpel lagi. Yaitu dengan memasukkan isyarat *#*#4636#*#* (bintang, pagar, bintang, pagar, empat, enam, tiga, enam, pagar, bintang, pagar, bintang). Kemudian, akan tampil informasi detail kondisi baterai smartphone.

5. Bawa ketempat service terpercaya

Jika dari keempat langkah diatas belum menemukan solusinya juga. Artinya masih belum yakin pada kondisi baterai. Kami rekomendasikan untuk membawa ketempat service terpercaya. Dengan begitu disana teman bisa tanya-tanya dan sekalian bisa mengecek kepastian kondisi baterai. Yang terpercaya dan jujur yaa...

Demikian informasi 5 langkah simple mengetahui kondisi baterai masih elok atau tidak. Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Bantu kami untuk share artikel ini yaa.. Semoga kau diberi rezki yang banyak. Amiin.

sumber : tekno.kompas.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Langkah Simple Mengetahui Kondisi Baterai Smartphone