Informasi Daftar Harga HP Android dan Tablet Android dari Samsung Galaxy, Sony Xperia, LG, Blackberry, Smartfren, Advan, Lenovo, Apple, Mito, Evercoss, Imo, Nokia. Harga dan Spesifikasi Lengkap Android. Dukungan Android dan flasing smartphone

Ternyata Begini Cara Mengamankan Akun di Internet Kita dari Serangan Hacker

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana mengamankan akun internet dari serangan hacker. kasus hacking atau peretasan sekarang makin merajalela. Bahkan baru-baru ini (22/09/2016) Yahoo mengakui bahwaserver-nya diretas. Setidaknya ada 500 juta akun penggunanya yang dicuri. Kasus ini pun dianggap sebagai pembobolan terbesar di dunia yang diungkap secara terbuka.





Data-data pengguna yang bocor, antara lain nama, alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, serta password yang terenkripsi. Namun, menurut Yahoo pengguna tak perlu panik karena password yang ikut tercuri datanya masih terenkripsi. Alhasil, data seperti kartu kredit dan informasi rekening bank tidak ikut tercuri. Lalu, bagaimana cara mengamankan akun internet kamu dari serangan hacker? simak penjelasan dibawah ini :

Cara Mengamankan Akun dari Serangan Hacker
Dilansir dari C-Net, menurut Yahoo pembobolan itu adalah aksi yang disponsori oleh sebuah negara. Meski begitu, Yahoo tidak menyebut negara mana yang mendukung aksi tersebut. Berkaitan dengan peretasan ini, Yahoo hanya menyarankan penggunanya untuk mengganti password. Berikut 4 cara mengamankan akun Yahoo atau akun lainnya dari serangan hacker.

1. Ubah Password



Disebutkan bahwa peretasan atas Yahoo sebenarnya terjadi sejak beberapa tahun lalu, tepatnya pada tahun 2014. Namun, baru terendus belakangan ini, yakni Agustus lalu ketika seorang kriminal cyber bernama "Peace" menjual data 200 juta pengguna Yahoo di dark web alias pasar gelap Internet.

Buat kamu yang masih aktif menggunakan akun Yahoo bahkan untuk kepentingan bisnis, Yahoo menyarankan kepada penggunanya yang belum pernah mengubah password mereka sejak tahun 2014, untuk segera mengubahnya dengan password yang lebih kuat.

2. Jangan Kamu Menggunakan Password Yahoo di Layanan Lain



Cara mengamankan akun Yahoo berikutnya adalah dengan tanyakan pada diri kamu sendiri, apakah password Yahoo yang kamu gunakan sama dengan password untuk layanan lain? Banyak pengguna yang menggunakan password sama untuk banyak akun yang berbeda padahal ini adalah ide yang sangat buruk. Jika kamu melakukan hal itu, maka segeralah ubah password di tiap akun layanan kamu. Satu lagi, jangan gunakan password yang sama di setiap akun kamu.

Para hacker yang memiliki kata sandi kamu, bisa dengan mudah mencobanya untuk sejumlah situs web yang berbeda dan mencoba mengakses informasi di luar akun Yahoo kamu. Kamu harus lebih jeli dan hati-hati lagi dalam menggunakan layanan. Kemudian jika ada layanan yang sudah tidak kamu gunakan lagi, sebaiknya segera hapus akun lama kamu.

3. Gunakan Otentikasi Dua Langkah



Buat kamu yang kehidupannya tak lepas dari aktivitas online, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan otentikasi dua langkah di setiap layanan yang kamu gunakan. Hal itu memang cukup merepotkan, tapi keamanan adalah hal terpenting. Bisa dibilang otentikasi dua langkah ini adalah cara ampuh mengamankan akun Yahoo, Google, Facebook, Twitter, dan lainnya dari serangan hacker.

Otentikasi dua langkah ini melibatkan nomor telepon kamu. Di mana setiap kamu akan masuk, selain membutuhkan password, kamu juga membutuhkan kode dari layanan yang dikirim melalui pesan ke nomor kamu. Dengan kata lain, meskipun alamat email atau user name dan password kamu bocor, mereka tidak akan bisa masuk karena membutuhkan kode yang dikirim ke nomor telepon kamu.
4. Atur Otentikasi Dua Langkah di Semua Akun Kamu



Tentunya kamu tidak bisa tergantung dengan nomor telepon. Jadi kamu bisa juga menggunakan opsi lain seperti menggunakan email atau sebuah aplikasi seperti Google Authenticator. Tidak semua layanan menawarkan opsi otentikasi dua langkah, layanan yang sudah menggunakan otentikasi dua langkah antara lain seperti, Facebook, Google, Twitter, Snapchat, Yahoo, LinkedIn, dan PayPal. Jadi, segera gunakan otentikasi dua langkah untuk masuk ke akun kamu.

Itulah cara mengamankan akun di Internet dari serangan hacker. Bagaimana pendapat kamu tentang peretasan terbesar yang dialami Yahoo?

sumber : www.jalantikus.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ternyata Begini Cara Mengamankan Akun di Internet Kita dari Serangan Hacker