Informasi Daftar Harga HP Android dan Tablet Android dari Samsung Galaxy, Sony Xperia, LG, Blackberry, Smartfren, Advan, Lenovo, Apple, Mito, Evercoss, Imo, Nokia. Harga dan Spesifikasi Lengkap Android. Dukungan Android dan flasing smartphone

5 Tips Jika Smartphone Kamu Tak Bisa Diisi Daya

       lingkuphape.blogspot.com, Apakah kalian pernah merasa baterai smartphone kamu tidak bisa diiisi daya dengan baik? jika benar, jangan dulu berpikir bahwa charger yang rusak. seperti yang saya baca di tekno liputan6, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan jika smartphone kamu tidak bisa isi daya :





1. Bersihkan Debu di Lubang USB

        Terbiasa menyimpan smartphone di saku jaket atau celana? Jika iya, mungkin permasalahan yang kamu hadapi adalah kotoran atau debu yang menempel di lubang USB. Untuk itu, coba bersihkan debu yang menempel di lubang USB dengan hati-hati. Salah satu caranya adalah dengan meniup perlahan lubang USB agar debu bisa hilang atau dengan menggunakan kapas untuk membersihkannya.

Foto: Liputan6.com/Iskandar




2. Tukar Kabel USB

      Salah satu bagian yang paling rentan adalah kabel, contohnya kabel USB milik Apple yang diketahui mudah rusak. Jika smartphone kamu tak bisa diisi daya, coba lihat kondisi kabel yang kamu miliki. Jika terlihat sudah usang dan ingin putus, kamu bisa menukar kabel USB yang kamu gunakan dengan kabel USB lain. Jika ternyata kabel USB baru ini bisa mengisi daya pada smartphone maka permasalahan ada di kabel USB yang kamu pakai.




3. Cek Kepala Charger

       Selain kabel USB, hal lain yang perlu dicek saat smartphone kamu tak bisa diisi dayanya adalah kepala charger atau adaptornya, terutama pada kepala charger yang dihubungkan dengan kabel USB. Ketika kepala charger baru bisa mengisi daya smartphone-mu, bisa dipastikan permasalahan ada pada adaptor lama kamu yang mungkin sudah rusak atau tak terhubung dengan baik ke stop kontak.





4. Ganti Baterai

     Perlu diketahui bahwa baterai smartphone memiliki daya pakai yang berbeda-beda. Setelah digunakan selama beberapa tahun, ada kemungkinan baterai smartphone mengalami kerusakan. Untuk itu, setelah langkah di atas tak membuahkan hasil, cobalah lakukan penggantian baterai smartphone kamu. Baterai sendiri biasanya memiliki masa garansi selama 6 bulan. Nah, jika kamu merasa telah menggunakan baterai tersebut selama 2 tahun, mungkin memang sudah wakunya mengganti baterai. pastikan kalian membeli baterai yang original, agar ketahanannya lebih lama.


Foto : jurnalweb

5. Pindah ke Stop Kontak Lain

           Jika semua cara di atas ternyata tak berhasil, mungkin kesalahan ada pada stop kontak atau sumber energi yang kamu gunakan. Bisa jadi stop kontak yang kamu pakai tak teraliri listrik atau rusak. Karenanya, coba menguji apakah stop kontak berfungsi dengan baik, cobalah untuk menghubungkan kabel USB dan mengisi daya di stop kontak lainnya. Jika pengisian daya berjalan, kemungkinan stop kontak tersebut yang tak terhubung dengan sumber listrik atau mengalami kerusakan.


Foto :RaymusMunt/YouTube via Tech InsiderJadi, 


     Nah, jadi jangan langsung panik dan berpikiran smartphone kamu rusak ya kalau tiba-tiba tak bisa diisi dayanya. Bisa jadi, hal-hal di ataslah penyebabnya. mungkin hanya itu pembahasan dari saya tentang tips jika smartphone yang tak bisa di isi daya. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Tips Jika Smartphone Kamu Tak Bisa Diisi Daya